cover
Contact Name
Krida Singgih Kuncoro
Contact Email
krida.kuncoro@ustjogja.ac.id
Phone
+6285742771889
Journal Mail Official
union@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Jl. Batikan, UH III No.1043, Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55167.
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 2339224X     EISSN : 25793209     DOI : https://doi.org/10.30738/union
Core Subject : Education,
Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share knowledge in the form of empirical and theoretical research articles. The scope of Union is Mathematics Education which includes, but is not limited to the following topics: Mathematics Ability, Mathematics Learning Model, Mathematics Learning Media, Curriculum Development, Assessment and Evaluation, Didactical Design Research (DDR), Realistic Mathematics Education (RME), Ethnomathematics, Research and Development (RnD), PISA Task.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2019)" : 15 Documents clear
Implementasi Algoritma Kriptografi Enigma Termodifikasi sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis PMRI untuk Materi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers Najib Mubarok
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.22 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3211

Abstract

Kriptografi merupakan salah satu cabang ilmu bidang matematika terapan yang menggunakan konsep aljabar abstrak dalam penerapannya. Dalam penerapannya untuk pengiriman pesan rahasia, kriptografi mendasarkan keamanannya pada aljabar yang termasuk di dalamnya konsep komposisi fungsi dan fungsi invers. Di sisi lain, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menghadapi tantangan dalam penyiapan bahan ajar dalam desain media pembelajaran yang konkret terutama untuk materi-materi matematika abstrak seperti komposisi fungsi dan fungsi invers. Dengan melakukan modifikasi algoritma kriptografi Enigma, tulisan ini bertujuan untuk mengimplementasikan kriptografi sebagai media pembelajaran berbasis PMRI untuk materi komposisi fungsi dan fungsi invers.
Pengembangan YouTube Pembelajaran Kedudukan Garis terhadap Lingkaran di SMA Menggunakan VideoScribe Indiarti, Siska; Arcana, I Nyoman
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.922 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.4053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan youtube pembelajaran materi pokok kedudukan garis terhadap lingkaran menggunakan videoscribe dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini merupakan R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian dilaksanakan di Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan diuji cobakan di SMA Negeri 1 Piyungan dengan 22 orang peserta didik kelas XI IPA. Instrumen yang digunakan yaitu angket ahli media dan materi, angket peserta didik, serta tes hasil belajar. Produk yang dihasilkan berupa Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran Menggunakan Videoscribe yang di upload di channel youtube “Taman Belajar”. Berdasarkan penilaian validator dan angket respon peserta didik, Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran Menggunakan Videoscribe dikategorikan valid dan baik. Persentase kelulusan hasil tes belajar sebesar 72.72% serta memiliki korelasi yang positif antara hasil tes belajar dengan angket respon peserta didik. 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa Dengan Pendekatan Open-Ended Materi Bilangan Pecahan Elen Purnamasari; Syaifudin Syaifudin; Muslimin Muslimin
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.659 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3330

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk  menghasilkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensial dari LKS berbasis pendekatan open-ended terhadap hasil belajar siswa SMP kelas VII. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengembangkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis? Bagaimana mengembangkan LKS berbasis pendekatan open-ended pada materi pecahan kelas VII SMP yang valid dan praktis ? Pengembangan perangkat pembelajaran lembar kegiatan siswa (LKS) pembelajaran ini dilakukan mengikuti  dua tahap utama yaitu tahap preliminary (tahap persiapan) serta tahap formative evaluation. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas VII3 yang dilakukakan secara individu diperoleh rata-rata 90,78 termasuk kategori baik. Sedangkan berdasarkan hasil tes kemampuan akhir siswa diperoleh bahan ajar yang memiliki efek potensial.
Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Liza Fitri Uswatun Khasanah; Nyiayu Fahriza Fuadiah
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.101 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPS. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen dengan menggunakan post test. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XII IPS 4 Madrasah Aliyah Negeri  1 palembang selama enam kali pertemuan.  Data hasil penelitian merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh dari post test pada bahasan menentukan tabel distribusi frekuensi, menentukan nilai (mean, median dan modus), menentukan nilai (kuartil, desil dan persentil) dan dapat menggambar histogram, diagram batang, diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang daun. Teknik penilaian menggunakan kriteria penilaian dari Sahertien yaitu dengan menggunakan persentase sangat kurang, kurang, cukup, baik dan sangat baik. Dari hasil persentase dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dari penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika yakni peningkatan hasil belajar sebanyak 24%.
Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan Nur Aly, Bainy Farhan; Sujadi, A. A.; Taufiq, Irham
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.497 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.4050

Abstract

Tujuan penulisan artikel jurnal ini adalah untuk mengetahui persentase kesalahan konsep, persentase kesalahan prosedur, persentase kesalahan operasi, dan jenis kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Seyegan Tahun Ajaran 2018/2019. Obyek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Instrumen penelitian adalah peneliti, lembar tes, lembar wawancara, dan dokumentasi. Validitas butir soal diperoleh melalui korelasi product moment. Reliabilitas tes diperoleh dengan menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa siswa kelas X-DPIB.2 SMK Negeri 1 Seyegan melakukan kesalahan konsep sebesar 29,85% termasuk kategori rendah, kesalahan prosedur sebesar 27,50% termasuk kategori rendah, dan kesalahan operasi sebesar 58,43% termasuk kategori sedang. Sedangkan jenis kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan operasi yaitu sebesar 58,43%.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Ita Handayani
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.241 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3095

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CORE dengan ekspositori dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM). Populasi penelitian adalah peserta didik SMPN di Jakarta Selatan tahun. Metode penelitian yaitu quasi experiment dengan desain faktorial  treatment by level. Teknik analisis menggunakan twoway ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan peningkatan KBKM peserta didik yang mendapat pembelajaran CORE secara keseluruhan dan peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori, 2) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan KBKM, 3) Peningkatan KBKM peserta didik dengan KAM tinggi yang mendapat pembelajaran CORE lebih tinggi daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori, 4) Tidak terdapat perbedaan peningkatan KBKM peserta didik yang mendapat pembelajaran CORE dengan peserta didik yang mendapat pembelajaran ekspositori pada peserta didik KAM rendah.
Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Self-Efficacy Sari, Novi Rahma; Hidayat, Wahyu; Yuliani, Anik
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.262 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3776

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas X SMA pada materi SPLTV ditinjau dari self-efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang dipakai yaitu instrumen tes pada materi SPLTV dengan jumlah 6 soal uraian dan instrumen non-tes berupa angket self-efficacy dengan 28 pernyataan serta wawancara. Sampel penelitian ini adalah 21 siswa kelas X salah satu SMA Swasta di kabupaten Bandung Barat. Hasil pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara self-efficacy dengan hasil belajar matematika siswa pada materi SPLTV. Dilihat dari persentase ketercapaian berdasarkan tingkatan self-efficacy, jika self-efficacy tinggi maka hasil belajar matematika juga tinggi. Ketercapaian persentase indikator materi terendah menurut tingkat self-efficacy berturut-turut dari tinggi, sedang, rendah yaitu mengubah data ke representasi tabel, membuat situasi masalah SPLTV, dan mengerjakan masalah dengan melibatkan SPLTV. Secara keseluruhan, ketercapaian hasil belajar siswa mendapat persentase sebesar 72,70%.
Desain Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berbasis Pendekatan Problem Solving Oktaviani, Sindy; Praja, Ena Suhen; Asnawati, Sri
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (35.946 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.4182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa terkait materi persamaan garis lurus dengan pendekatan problem solving. Upaya yang dilakukan adalah membuat bahan ajar sesuai dengan indikator yang akan dicapai. Subjek penelitian menggunaka kelas VIIIB SMP PGRI Palimanan yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah lembar validasi dan tes bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat learning obstacles yang dialami siswa terkait kemampuan komunikasi matematis pada materi persamaan garis lurus, kemudian dari learning obstacles yang telah dianalisis dibuat bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar diperoleh persentase sebesar 88,4% sehingga termasuk kedalam klasifikasi sangat valid. Setelah dinyatakan sudah layak digunakan, bahan ajar dapat diimplementasikan. Dari hasil implementasi diperoleh data yang menunjukkan bahwa learning obstacles yang dialami siswa berkurang, tetapi beberapa learning obstacles terdahulu masih ada dan muncul learning obstacles yang baru.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia) Puji Rahmawati; Nurul Apsari
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.117 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3135

Abstract

Proses pertukaran mata uang antara rupiah dan ringgit menurut pengamatan peneliti adalah suatu masalah yang harus diperhatikan dan cukup serius, karna sering terjadinya kerugian masyarakat atas jual beli yang terjadi. Dikarenakan kurang mahirnya masyarakat di dalam penguasaan konsep pemecahan masalah matematika pada aritmatika sosial membuat kejadian ini sangat rentan akan terjadi. Terlebih anak-anak yang ikut serta melakukan perdagangan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian di desa tersebut dengan tujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III di SDN No.05 Suruh Tembawang. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian survei dengan jenis penelitian survei catatan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari keempat tahapan kemampuan pemecahan masalah menurut teori Peace, terdapat dua tahap yang muncul didalam pemecahan masalah yang dilakukannya. Tahapan tersebut adalah tahap memahami dan tahap melaksanakan rancangan solusi dari masalah yang disajikan.
Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Daarul Aitam Palembang Mahdiyah Mahdiyah; Nur Azizah Maryamah; Tria Gustiningsi
UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2019)
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.041 KB) | DOI: 10.30738/union.v7i1.3334

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk  mengetahui ada tidaknya pengaruh model course review horay  terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran  matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Daarul Aitam Palembang dengan kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam  penelitian  adalah true experimental dengan katagori posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan  teknik observasi dan  angket. Materi yang digunakan adalah materi bilangan. Hasil analisis statistik nonparametrik uji wilcoxon, diperoleh sig.hitung (0,024) < sig. (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh  model course review horay terhadap motivasi belajar matematika Siswa SMP Daarul Aitam Palembang.

Page 1 of 2 | Total Record : 15